Blogger Asal Finlandia Ungkap Tak Selamanya Body Goals Itu Seindah Kenyataan!


INSTAGRAM menjadi salah satu media sosial yang cukup memberi dampak perubahan bagi generasi milenial. Mulai dari cara pandang menilai karya visual, perubahan kebiasaaan, sampai pada penciptaan citra diri.

Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bila memiliki tampilan Instagram yang tertata apik. Apalagi setiap foto yang dipajang menuai komentar yang positif. Seperti trend foto #BodyGoals yang sedang ramai diikuti pengguna Instagram. Mereka yang punya tubuh ideal, akan dengan bangga memasang foto bentuk tubuh yang terjaga dengan baik. Lalu, apa jadinya pada mereka yang memiliki badan tidak ideal? Iri? Bisa jadi.
Bila dilihat dari sudut pandang positif, tindakan pihak-pihak yang memejeng #BodyGoals adalah upaya mereka memotivasi diri sendiri. Album Instagram dijadikan sebagai media visual transformasi tubuh mereka dari hari ke hari. Selain motivasi untuk diri sendiri, banyak juga dari mereka yang coba untuk mengajak pengikutnya untuk bersama-sama mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Tapi, tak sedikit dari pengguna Instagram yang menganggap menampilkan #BodyGoals adalah upaya menyindir mereka yang tidak memiliki tubuh ideal. Kejengkelan itu pun dirasakan salah seorang beauty blogger asal Finlandia Sara Phuto. Dirinya kerap memperlihatkan dua sisi foto tubuhnya. Real life VS Instagram!
Beberapa kali Sara menyuguhkan foto hasil editan yang memperlihatkan kesempurnaan tubuhnya. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Upaya tersebut dilakukannya semata-mata untuk memberitahu 119 ribu pengikutnya bahwa #BodyGoals tidak selamanya nyata. Banyak yang diedit juga!

Perlu Anda ketahui, beredarnya foto #BodyGoals pun ternyata berdampak pada pola makan beberapa orang. Mereka sampai mati-matian menahan lapar dan berolahraga untuk bisa mendapatkan tubuh ideal. Bahkan, banyak dari pengguna media sosial sampai harus anoreksia atau bullimia. Jika seseorang sudah melakukan tindakan itu, tentunya keseimbangan nutrisi tubuhnya akan terganggu.
Tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, adanya trend #BodyGoals pun bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang. Salah satu masalah yang bisa diderita adalah body dismorphic disorder. Gangguan tersebut bisa menyebabkan seseorang akan merasa gelisah dengan tubuhnya yang tidak ideal. Dampak bahaya dari masalah ini adalah depresi berat!

Jadi, apakah masih mau memaksakan diri untuk mendapatkan #BodyGoals? Atau tetap jalani hidup sehat meski tubuh belum terbentuk ideal? Pilihan ada di Anda!