Kominfo : Blogger Harus Turut Serta Perangi Berita Hoax

Muara Post - Surabaya, Perang terhadap hoax (berita palsu) menjadi tugas dan tanggung semua pihak tak terkecuali pemilik blog. Karena itu, dengan adanya Lomba Blog Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), para blogger memiliki kewajiban untuk turut serta memeranginya sehingga tercipta informasi yang benar dan jelas.

Demikian pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Jatim, Eddy Santoso saat membuka Lomba Blog Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) IX/2017 di Taman Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan, Jumat (15/9).

Menurut Eddy yang juga Ketua Asosisasi Kominfo se Indonesia, perkembangan blog di Indonesia saat ini telah cukup bagus disbanding pada tahun tahun sebelumnya. Dengan pesatnya perkembangan blog, maka juga muncul blogger blogger andal di tanah air. Seiring dengan itu pula, peredaran hoax di dunia maya kini juga merajalela.

“Ini momen yang sangat bagus. Karena itu, saya minta blogger blogger di Jawa Timur harus ikut turut menyatakan perang dengan hoax. Kita perangi hoax, mari kita gelorakan informasi yang benar dan jelas. Ini sekaligus untuk menunjukkan bahwa blogger Indonesia hebat dalam membangun blog,” tegas Eddy.

Seperti diketahui, pelaksanaan lomba blog menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam rangkaian Pekan KIM IX/2017 di Pandaan Pasuruan, selain kegiatan pameran dan sarasehan, Pada lomba blog kali ini dihadirkan dewan juri lomba blog, yakni Kasi Pengembangan Aplikasi Dinas Kominfo Jatim, A Fadlil Chusni, Ketua Relawan TIK Jatim, Novianto serta Ferry Astika dari Poltek ITS.

Dari pantaun JNR, dalam acara lomba blog ini sangat meriah dikarenakan setiap KIM saling beradu hebat mempresentasikan blog karya mereka, apa saja isi timeline di dalam blog mereka.

Dari hasil lomba, juara pertama diraih KIM Sendang Potro Bojonegoro dengan perolehan poin 1.212, juara kedua diraih KIM Deru Maju Bojonegoro dengan perolehan poin 1.196, dan juara ketiga diraih KIM Bahari Sukolilo Baru Surabaya dengan perolehan poin 1.063. Penyerahan hadiah akan diserahkan pada acara Penutupan Pekan KIM yang diselenggarakan Sabtu (16/9). (MC Diskominfo Prov Jatim)