Pembangunan Jembatan Khusus Pejalan Kaki Di Jalan Gatsu Indramayu Hampir Rampung

 RING SATU INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melalui Dinas PUPR, menata Jalan Gatot Subroto Indramayu melalui kegiatan pelebaran dan peninggian jalan beton, area jogging track, bikers dan penghijauan.
Jembagan khusus pejalan kaki di jalan gatsu Indramayu
Salah satu sudut penataan Jalan Gatot Subroto adalah mempercantik Jembatan Ceblok I melalui dana APBD Pemkab Indramayu Tahun 2018. Kini, kondisi Jembatan Ceblok I itu sudah rampung ditata sehingga terlihat beda dari jembatan lainnya.
Jembatan Ceblok I setelah ditata dan diperlebar, posisinya ditinggikan. Jembatan Ceblok I ternyata bukan hanya diperuntukkan bagi lalu-lintas kendaraan roda dua dan roda empat saja. Tapi juga diperlebar untuk pejalan kaki, jogging track sekaligus bikers alias pesepeda.
Penataan Jalan Gatot Subroto dilakukan Pemkab Indramayu sebagai antisipasi kemacetan lalu-lintas pasca-beroperasinya Mall Indramayu yang saat ini dalam proses pembangunan. Lokasi Mall Indramayu kebetulan berada di Jalan Gatot Subroto. Jika mall itu sudah beroperasi lalu-lintas kendaraan di Jalan Gatot Subroto diprediksi bakal ramai, menyamai ramainya Jalan Sudirman.
[ads-post]
“Setelah Mall Indramayu nanti beroperasi dipastikan volume kendaraan yang melintas pada ruas jalan itu kian meningkat. Roda dua dan roda empat bakal lebih banyak melintas di Jalan Gatot Subroto, jika Mall Indramayu sudah beroperasi,” kata Sumanta, 48 warga Kota Indramayu.
Untuk mengantisipasi kemacetan lalu-lintas, Pemkab Indramayu melalui Dinas PUPR Kabupaten Indramayu sejak awal menata Jalan Gatot Subroto Indramayu. “Saat ini, pembangunan Mall Indramayu sedang berlangsung. Beberapa waktu ke depan Mall Indramayu itu sudah terbangun dan beroperasi,” katanya.
Menata infrastruktur Jalan Gatot Subroto lebih awal, katanya itu jauh lebih baik, ketimbang berfikir nanti setelah kondisi jalan Gatot Subroto benar-benar macet oleh tumpah ruahnya kendaraan dari berbagai daerah menuju Mall Indramayu.
Kepala Bidang Jembatan Dinas PUPR Indramayu Ramakrisna Firmansyah, ST., MT melalui PPTK Fajar Shodieqie menerangkan, pelebaran Jalan Gatot Subroto mencapai sekitar 6 Meter, dilakukan pada dua sisi, yaitu; sisi kanan 3 Meter dan sisi kiri 3 Meter dilaksanakan kontraktor CV Ersyah Putri dan CV OCI selama 90 hari kalender.
Menurut Fajar Shodieqie, pengembangan Jalan Gatot Subroto memanfaatkan dana APBD Pemkab Indramayu tahun 2018. “Tujuannya untuk pengembangan jalan, memperlancar lalu-lintas kendaraan bermotor juga untuk melengkapi area jogging track,” katanya. 

Penataan Jalan Gatot Subroto dilakukan Pemkab Indramayu sebagai antisipasi kemacetan lalu-lintas pasca-beroperasinya Mall Indramayu yang saat ini dalam proses pembangunan.