Pernikahan Dini Di Indramayu, Berujung Tewasnya Sang Mempelai Wanita

Pernikahan Dina dan Adi menjadi salah satu potret buruk pernikahan dini. Memang tidak seluruh pernikahan dini berakhir seperti kisah Dina dan Adi.

 RING SATU - INDRAMAYU- Dina (15 tahun-bukan nama sebenarnya) dan Adi (16 tahun-bukan nama sebenarnya) mengikat janji suci pada 2016 lalu.
Ilustrasi
Kedua orang tuanya melakukan permohonan dispensasi perkawinan anak ke Kantor Pengadilan Agama karena Dina dan Adi sudah berpacaran dan dikhawatirkan melakukan zina.

Bukannya bahagia, cinta monyet yang dikukuhkan dalam jalinan pernikahan itu justru menjadi petaka.

==========
SUMIRAH (bukan nama sebenarnya) terpukul. Cucunya, Dina meninggal dengan luka-luka di sekujur tubuh dan kepalanya pada Jumat (21/9). Dina yang telah dirawatnya sejak usia 7 bulan itu harus meninggal karena menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga.

Ya selama menjalani pernikahan dengan Adi, Dina kerap mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Setelah menikah, Dina tinggal di rumah Adi.

Sesekali Dina pulang dan mengadu pada Sumirah mengenai kekerasan fisik yang dilakukan Adi padanya. Mendapat aduan jika Dina diperlakukan kasar oleh suaminya, Sumirah awalnya mengira jika Adi hanya ‘kelepasan’ hingga akhirnya melakukan kekerasan fisik. Namun siapa disangka jika kekerasan fisik yang dilakukan Adi itu justru menewaskan cucunya.

Setelah lima bulan menikah, Dina hamil. Namun kehamilannya tidak berjalan mulus. Sehingga Dina harus melahirkan secara caesar pada usia kandungan 7 bulan. Anak yang dilahirkan Dina juga hanya mampu bertahan selama dua pekan.
[next]
Pada Jumat (21/9) siang, Sumirah masih beraktivitas seperti biasa. Saat bersilaturahmi ke rumah tetangga, ia mendapat kabar dari kerabatnya jika Dina terjatuh di toilet. Tanpa pikir panjang, Sumirah datang ke kediaman Adi untuk menemui cucunya. Namun setibanya di sana, Dina tidak ada.

Dina akhirnya diketahui berada di IGD RSUD Indramayu dalam kondisi kritis. Bukan hanya luka di pelipis dan darah di kepalanya, tubuh Dina dipenuhi luka.

Kondisi itu menunjukkan jika Dina bukan hanya terjatuh dari toilet. Tetapi juga mengalami tindakan kekerasan. Hal itu mengingatkan Sumirah akan perlakuan kasar Adi yang sempat diceritakan Dina. Sayangnya, nasi sudah menjadi bubur. Sempat dibawa ke ICU, namun nyawa Dina tidak bisa berhasil diselamatkan.

Pernikahan Dina dan Adi menjadi salah satu potret buruk pernikahan dini. Memang tidak seluruh pernikahan dini berakhir seperti kisah Dina dan Adi. Namun sejumlah survei yang dilakukan berbagai lembaga diketahui jika anak perempuan yang mengalami kawin dini rawan dieksploitasi dan mengalami kekerasan.

Sekretaris Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah Jawa Barat, Darwinih menyebutkan, kekerasan para perkawinan dini rentan terjadi. Apalagi jika usia anak perempuan berada di bawah suami, memiliki pendidikan rendah, serta minim pengetahuan tentang hubungan yang setara antara laki-laki dan perempuan.

Dia menyebutkan, seperti Dina, anak perempuan yang mengalami perkawinan dini rentan mengalami kekerasan secara fisik dan psikis baik dari suami ataupun keluarga besar suami. Apalagi biasanya setelah menikah, anak perempuan tinggal di rumah mertua.

Pada tahun 2017, Koalisi Perempuan Indonesia wilayah Jawa Barat menemukan anak perempuan mengalami eksploitasi fisik maupun ekonomi. Setelah perkawinan, anak perempuan bekerja mengurus keluarga suami ataupun anak-anak suami dari perkawinannya terdahulu, membantu di sawah atau ladang, ataupun bekerja di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
[next]
“Situasi ini menunjukkan perkawinan anak bukanlah jalan keluar bagi kekhawatiran orang tua jika anak akan melakukan zina. Pemberian dispensasi perkawinan oleh Pengadilan Agama justru mendorong anak perempuan ke dalam posisi yang rentan dan terlemahkan,” jelasnya.

Dalam situasi yang dialami Dina, dispensasi perkawinan membawanya ke dalam situasi kekerasan dalam rumah tangga hingga bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu, lanjut Darwini, Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah Jawa Barat meminta pemerintah untuk mengambil langkah perlindungan agar anak-anak terhindar dari perkawinan anak.

“Indonesia butuh Rancangan Perppu Penghentian Perkawinan Anak agar Indonesia memiliki payung hukum nasional yang secara tegas menolak perkawinan anak. Karena sudah kita ketahui jika perkawinan anak tidak memberikan dampak yang baik,” jelasnya.
[post_ads_2]
Di tingkat Provinsi Jawa Barat, Darwinih mendorong agar DPRD Provinsi Jawa Barat merevisi Peraturan Daerah Nomor 05 tahun 2006 tentang Perlindungan Anak, dan Peraturan daerah Provinsi Jawa Barat No. 9 Tahun 2014 tentang Penyelenggaran Pembangunan Ketahanan Keluarga dengan menambahkan aturan tentang pencegahan perkawinan anak.

“Perkawinan anak ini harus menjadi konsen bersama. Kami sebagai Koalisi Perempuan Indonesia mengajak segenap pihak untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan atas alasan apapun. Hentikan membuat alasan untuk mengawinkan anak,” tegasnya.

Kasus yang dialami Dina, saat ini sudah dilaporkan ke Polres Indramayu. Sekretaris Koalisi Perempuan Indonesia Cabang Kabupaten Indramayu, Yuyun Khoerunisa pun berharap pihak kepolisian bisa segera menindaklanjuti laporan kasus tersebut.

“Dibutuhkan kerja sama semua pihak, pembuatan aturan dan penegakan hukum agar ke depan tidak ada Dina-dina lainnya yang menjadi korban karena perkawinan anak,” jelasnya.

COMMENTS

TERPOPULAR$type=carousel$cols=2$cate=0$date=0$author=0$va=1$co=#FF00FF

[INFO PEMILU]_$type=three$tbg=rainbow$count=3$space=0$src=random-posts$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$show=ho

[TNI]_$type=left$count=3$va=1$src=random-posts$author=0$rm=1$date=0$cm=0$co=green

[POLRI]_$type=right$count=3$va=1$src=random-posts$author=0$rm=1$date=0$cm=0$co=brown

Name

Abg,2,Alam,7,Amerika,3,Analisis,2,Asia,2,Asusila,5,Australia,1,Bandung,6,Bank,1,Banser,2,Bawaslu,1,Bekasi,1,Bisnis,1,Bogor,1,Bola,2,BPK,2,Budaya,2,Cirebon,3,CPNS,3,Demo,7,Desa,7,Dumai,1,Ekonomi,11,Entertainment,12,Gallery Photo,17,Gallery Video,9,Garut,4,Gaya Hidup,49,HAM,1,Health,6,Hoax,3,Honorer,2,Hot,6,Hukum,22,Indramayu,38,Infrastruktur,1,Iptek,2,Islamic Center,1,ITE,4,Jabar,3,Jateng,1,Jatim,2,Kajian Religi,5,Konflik,1,Korupsi,8,KPK,4,Kriminal,43,Kuwu,1,Mata Laki Laki,1,Metro,18,Miras,2,Moto GP,2,Motor,1,MUI,1,Narkoba,3,Nasional,1,Opini,2,Ormas,1,Padang,1,PDIP,1,Pendidikan,10,Peristiwa,38,Photo Model,1,Pileg,1,Pilgub,5,Pilkada,20,Pilkades,3,Pilpres,11,PJU,1,PKI,18,Politik,13,POLRI,6,Potret,3,Profil,2,Proyek,1,PSK,2,Radikal,3,Reklamasi,1,Sejarah,14,Semarang,1,Seni,1,Sertifikat Tanah,1,Sosial,10,Subang,15,Surabaya,1,Tangerang,2,Tani,4,Tasikmalaya,1,Tauhid,6,Teknologi,1,Teroris,2,Timur Tengah,3,Tips,4,TKA,1,TKI,6,TNI,7,Wisata,2,
ltr
item
Ring Satu: Pernikahan Dini Di Indramayu, Berujung Tewasnya Sang Mempelai Wanita
Pernikahan Dini Di Indramayu, Berujung Tewasnya Sang Mempelai Wanita
Pernikahan Dina dan Adi menjadi salah satu potret buruk pernikahan dini. Memang tidak seluruh pernikahan dini berakhir seperti kisah Dina dan Adi.
https://2.bp.blogspot.com/-hw6dkJ65OQc/W9IsIdYiSrI/AAAAAAAAEkI/1E-v5GtgYiwSu034mvulOTpoPgVCYbgtACLcBGAs/s640/nikah.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-hw6dkJ65OQc/W9IsIdYiSrI/AAAAAAAAEkI/1E-v5GtgYiwSu034mvulOTpoPgVCYbgtACLcBGAs/s72-c/nikah.jpg
Ring Satu
https://www.ring-satu.com/2018/10/pernikahan-dini-di-indramayu-berujung.html
https://www.ring-satu.com/
https://www.ring-satu.com/
https://www.ring-satu.com/2018/10/pernikahan-dini-di-indramayu-berujung.html
true
4804041100562396541
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy